KURSOR

Heartless Background

Senin, 13 Februari 2017

Proposal Perencanaan Usaha Bros Jilbab



Proposal Perencanaan Usaha
Bros Jilbab
A.    Latar Belakang Masalah
Pada saat ini accesoris yang tersedia di pasaran pada dasarnya hanya accesoris yang terbuat dari bahan-bahan yang berat. Disinilah timbulnya ide untuk membuat kreasi kain yang tidak sulit di cari dan pembuatannya yang sederhana. Accesoris flanel ini bisa digunakan pada acara santai, formal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis FLANEL ACCESORIS
FLANEL ACCESORIS merupakan accesoris yang terbuat dari kain flanel. Dimana disini saya mempunyai beraneka variasi accesoris seperti: gantungan kunci/ flasdisk, pouch handphone, dan bros untuk mainan jilbab.
Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai.

B.     Penjelasan Mengenai suatu Usaha
  1. Defenisi Kain Flanel ( Bros_Hijab )
Kain flanel adalah sejenis kain yang memiliki tekstur yang lembut mirip dengan benang wol. Selain mudah dibentuk  kain flanel juga terjangkau dari segi harga sehingga cocok dengan kantong para remaja. Kain flanel dapat didapatkan ditoko bahan aksesori terdekat.
Sedikit kita bahas tentang hijab Sebagai manusia biasanya kita memiliki sifat  mau melakuan sesuatu jika itu memberikan keuntungan bagi kita , begitu pula dalam hal mengenakan kerudung. Kita sering berfikir, untuk apa sih memakai kerudung ? gak ada untungnya, pake kerudung kan bikin gerah, ribet, bikin rambut rusak lagi. Ya memang jika dibandingkan, memakai kerudung akan membuat kita lebih cepat merasa gerah daripada pada saat tidak mengenakan kerudung. Tapi bukankah sesuatu yang  tidak kita sukai belum tentu tidak baik untuk diri kita?? Sebagai contohnya, obat. Obat merupakan sesuatu yang tidak disukai hampir oleh semua orang, tapi obat sangatlah baik untuk kesehatan kita.
Begitu juga kerudung, biasanya orang yang telah terbiasa tidak mengenakan kerudung tidak suka mengenakan kerudung namun sesungguhnya kerudung sangatlah baik untuk kita. Pada dasarnya setiap muslim memiliki kelebihan tersendiri yang membuat mereka menarik terutama saat mereka memakai hijab. Maka dari itu dengan memakai bros hijab dapat membuat kita lebih menarik lagi, tetapi yang paling penting adalah hijab itu sendiri.
2.      Tujuan dari Usaha ini dan cara pembuatannya
Adapun tujuan dari program kewirausahaan ini adalah:
1.      Memperoleh keuntungan.
2.      Memberikan seni yang berbeda dalam aksesoris hijab
3.      Menambah relasi di lingkungan kampus.
4.      Sebagai lahan eksperimen berbisnis di tengah
C.    Keunggulan Produk 
1.      Harganya sangat bisa dijangkau oleh masyarakat
2.      Gantungan ini sangat menarik
3.      Memiliki banyak aneka bentuk dan warna
4.      Memiliki banyak accesoris yang beaneka ragam dan menarik
5.      Mempunyai kualitas yang bagus dan murah



D.    Keunggulan dari Peluang Usaha ini
1.      Peluang terbesar dari usaha ini adalah diantara teman-teman lain tidak ada yang melakukan usaha serupa .
2.      Keuntungan yang didapat cukup besar jika dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan.
3.      Mudahnya mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi serta harga bahan baku yang murah.
4.      Jika ditekuni, usaha ini masih sangat menjanjikan melihat potensi pasar yangmasih terbuka luas.
E.     Ciri-ciri Produk
Adapun ciri – cirri dari produk yang kami buat sehingga dapat menarik perhatian dan minat para konsumen untuk membeli produk yang kami buat yaitu diantaranya :
1.      menyajikan beragam disain dikerjakan secara etnik
2.      Bros Hijab selalu menghasilkan pilihan warna dan kombinasi yang beraneka ragam.
3.      Bros hijab sengaja diproduksi untuk memudahkan Anda memilih dan menyesuaikan bros dengan gaya berhijab anda.
4.      Mempunyai kustomisasi gaya fashion yang beraneka ragam
5.      Dan mempunyai perpaduan warna yang indah dan menarik dengan bahan yang berkualitas
F.     Strategi Keuangan
1.      Modal Awal
Modal awal dari usaha ini merupakan modal pribadi penulis. Jumlah modal yangdiperlukan untuk membeli bahan yang digunakan adalah sebesar Rp. 32.000., dengan rincian sebagai berikut:
Ø  Kain flanel 4 warna,  Rp. 5.500/ 0,25m= Rp. 22.000.
Ø  Lem tembak 6 batang  = Rp. 4.000.
Ø  Peniti Bros 2 lusin Rp. 3.000. = Rp. 6.000.
Jumlah = Rp. 32.000 (Alat dan bahan lain adalah milik pribadi penulis)
2.      Keuntungan
Dari total penjualan seluruh barang (Rp. 50.000. dari 24bh x Rp. 2.500.), dikurangi totalbiaya yang dikeluarkan (Rp. 32.000.), maka total keuntungan adalah Rp. 18.000.
Dengan rata-rata keuntungan per unit sebesar Rp. 750. (Rp. 18.000 : 24bh).
G.    Analisa Pasar
1.      Target Pasar
Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dantenaga. Konsep pemasaranterdiri dari 3 elemen (Price+Place+Promotion).Untuk Tempat penjualan akan didistribusikan ke teman-teman sekitar dan kampus agar lebih banyak pembeli . Untuk harga, saya memilih harga standar untuk accesoris yang saya jual.
2.      Analisa Persaingan
Sebelum melaksanakan suatu usaha baru, kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspekkekuatan (strength), dan kelemahan (weakness), .Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses.

H.    Strategi Pemasaran
Pada dasarnya Metode pemasaran yang kami lakukan untuk menawarkan produk kami sama saja seperti produk- produk lainnya yang banyak kita jumpai yaitu dengan cara menyebarkan brosur serta mempromosikan dengan teman-teman mengenai bros_hijab yang kami jual serta melalui berbagai pendekatan yang sesuai.
Kami juga menggunakan logo serta nama yang identik dengan produk yang kami jual,agar dapat dikenal oleh para muslim khususnya pada wanita – wanita muslimah yang berhijab maka saya menggunakan logo Bros_Hijab karena produk yang saya tawarkan terbuat dari kain flanel yang mudah dijumapai dan mudah untuk dikreasikan sesuai dengan motif- motif yang berbeda dari kebanyakan orang sehingga orang penasaran dan dengan adanya logo tersebut, sehingga masyarakat mudah mengenal produk yang kami tawarkan ke pasaran.
 Kami juga melakukan pengamatan terhadap mahasiswa yang belajar sebagai calon konsumen (target pasar) sehingga usaha ini memiliki pasar yang jelas. Setiap usaha yang baru mulai memerlukan ketepatan-ketepatan dalam pengambilan keputusan.
I.       Pengolahan
a.       Alata dan Bahan
Ø  Kain bekas atau kain flanel
Ø  Kertas kardus
Ø  Gunting
Ø  Lem biasa atau lem tembak
Ø  Benang jahit dan jarum
b. Cara Membuatnya
Untuk pemula seperti kita, sebaiknya dimulai dari yang paling sederhana yaitu bros flanel berbentuk bunga tanpa aksen. Membuat bros flanel tidak terlalu sulit, kita hanya perlu meyiapkan beberapa lembar kain flanel (warna disesuaikan dengan keinginan), lem bakar, peniti, gunting, dan lilin. Langkah – langkahnya antara lain :
1.      Siapkan perlengkapan yang diperlukan.
2.      Potong kain flanel warna cokelat secara memanjang dengan lebar kurang lebih 1cm sebanyak 6 helai.
3.      Potong kain flanel warna merah jambu dengan lebar kurang lebih 1cm sebanyak satu helai.
4.      Gulung dengan rapi kain flanel yang telah dipotong, tariklah secara perlahan sembari digulung agar gulungan lebih kencang dan tahan lama.
5.      Bakar lem dengan menggunakan lilin hingga lem mencair. (bakar dengan api biru agar warna lem tidak hitam)
6.      Rekatkanlah ujung gulungan kain  flanel dengan menggunakan lem bakar.
7.      Susun ketujuh gulungan kain  flanel lalu rekatkan dengan lem.
8.      Rekatkanlah  peniti pada bagian belakang bros.
9.      Bros siap untuk dikenakan.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar