Proposal
Perencanaan Usaha
Bros
Jilbab
A.
Latar
Belakang Masalah
Pada saat ini accesoris yang tersedia
di pasaran pada dasarnya hanya accesoris
yang terbuat dari bahan-bahan yang berat. Disinilah
timbulnya ide untuk
membuat kreasi kain yang tidak
sulit di cari dan pembuatannya yang sederhana. Accesoris flanel ini bisa digunakan pada acara santai, formal. Dari
pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis FLANEL ACCESORIS
FLANEL ACCESORIS merupakan accesoris yang terbuat
dari kain flanel. Dimana disini
saya mempunyai
beraneka variasi
accesoris seperti: gantungan kunci/ flasdisk, pouch handphone, dan bros untuk
mainan jilbab.
Dalam memulai
usaha dalam bidang apapun, maka yang pertama kali harus diketahui adalah
peluang pasar dan bagaimanan menggaet order. Bagaimana peluang pasar yang
hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order
tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan
mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas. Yang ketiga adalah
persiapkan mental dan keberanian memulai.
B. Penjelasan Mengenai suatu Usaha
- Defenisi Kain Flanel ( Bros_Hijab )
Kain flanel adalah sejenis kain yang
memiliki tekstur yang lembut mirip dengan benang wol. Selain mudah
dibentuk kain flanel juga terjangkau dari segi harga sehingga cocok
dengan kantong para remaja. Kain flanel dapat didapatkan ditoko bahan aksesori
terdekat.
Sedikit kita bahas tentang hijab
Sebagai manusia biasanya kita memiliki sifat mau melakuan sesuatu jika
itu memberikan keuntungan bagi kita , begitu pula dalam hal mengenakan
kerudung. Kita sering berfikir, untuk apa sih memakai kerudung ? gak ada
untungnya, pake kerudung kan bikin gerah, ribet, bikin rambut rusak lagi. Ya
memang jika dibandingkan, memakai kerudung akan membuat kita lebih cepat merasa
gerah daripada pada saat tidak mengenakan kerudung. Tapi bukankah sesuatu
yang tidak kita sukai belum tentu tidak baik untuk diri kita?? Sebagai contohnya,
obat. Obat merupakan sesuatu yang tidak disukai hampir oleh semua orang, tapi
obat sangatlah baik untuk kesehatan kita.
Begitu juga kerudung, biasanya orang
yang telah terbiasa tidak mengenakan kerudung tidak suka mengenakan kerudung
namun sesungguhnya kerudung sangatlah baik untuk kita. Pada dasarnya setiap
muslim memiliki kelebihan tersendiri yang membuat mereka menarik terutama saat
mereka memakai hijab. Maka dari itu dengan memakai bros hijab dapat membuat
kita lebih menarik lagi, tetapi yang paling penting adalah hijab itu sendiri.
2.
Tujuan
dari Usaha ini dan cara pembuatannya
Adapun tujuan dari program kewirausahaan ini adalah:
1. Memperoleh keuntungan.
2. Memberikan seni yang berbeda dalam
aksesoris hijab
3. Menambah relasi di lingkungan
kampus.
4. Sebagai lahan eksperimen berbisnis
di tengah
C.
Keunggulan Produk
1. Harganya sangat bisa dijangkau oleh
masyarakat
2. Gantungan ini sangat menarik
3. Memiliki banyak aneka bentuk dan
warna
4. Memiliki banyak accesoris yang
beaneka ragam dan menarik
5. Mempunyai kualitas yang bagus dan
murah
D. Keunggulan dari Peluang Usaha ini
1. Peluang
terbesar dari usaha ini adalah diantara teman-teman lain tidak ada yang
melakukan usaha serupa .
2. Keuntungan
yang didapat cukup besar jika dibandingkan dengan modal yang dikeluarkan.
3. Mudahnya
mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi serta harga bahan
baku yang murah.
4. Jika
ditekuni, usaha ini masih sangat menjanjikan melihat potensi pasar yangmasih
terbuka luas.
E. Ciri-ciri
Produk
Adapun ciri – cirri dari produk yang kami buat sehingga
dapat menarik perhatian dan minat para konsumen untuk membeli produk yang kami
buat yaitu diantaranya :
1. menyajikan beragam disain dikerjakan
secara etnik
2. Bros Hijab selalu menghasilkan pilihan warna
dan kombinasi yang beraneka ragam.
3. Bros hijab sengaja diproduksi untuk memudahkan
Anda memilih dan menyesuaikan bros dengan gaya berhijab anda.
4. Mempunyai kustomisasi gaya fashion yang beraneka ragam
5. Dan mempunyai perpaduan warna yang
indah dan menarik dengan bahan yang berkualitas
F.
Strategi Keuangan
1. Modal
Awal
Modal awal dari usaha ini merupakan modal pribadi penulis.
Jumlah modal yangdiperlukan untuk membeli bahan yang digunakan adalah sebesar
Rp. 32.000., dengan rincian sebagai berikut:
Ø Kain flanel 4 warna, Rp. 5.500/ 0,25m= Rp. 22.000.
Ø Lem tembak 6 batang = Rp. 4.000.
Ø Peniti Bros 2 lusin Rp. 3.000. = Rp.
6.000.
Jumlah
= Rp. 32.000 (Alat dan bahan lain adalah milik pribadi penulis)
2. Keuntungan
Dari total
penjualan seluruh barang (Rp. 50.000. dari 24bh x Rp. 2.500.), dikurangi
totalbiaya yang dikeluarkan (Rp. 32.000.), maka total keuntungan adalah Rp.
18.000.
Dengan rata-rata keuntungan per
unit sebesar Rp. 750. (Rp. 18.000 : 24bh).
G. Analisa Pasar
1. Target Pasar
Target
pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dantenaga.
Konsep pemasaranterdiri dari 3 elemen
(Price+Place+Promotion).Untuk Tempat penjualan akan didistribusikan ke
teman-teman sekitar dan kampus agar lebih banyak pembeli . Untuk harga, saya
memilih harga standar untuk accesoris yang saya jual.
2. Analisa Persaingan
Sebelum
melaksanakan suatu usaha baru, kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek
yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah
aspekkekuatan (strength), dan kelemahan (weakness), .Dengan melakukan analisis
terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan
sukses.
H. Strategi Pemasaran
Pada dasarnya Metode pemasaran yang kami lakukan untuk menawarkan produk
kami sama saja seperti produk- produk lainnya yang banyak kita jumpai yaitu
dengan cara menyebarkan brosur serta mempromosikan dengan teman-teman mengenai
bros_hijab yang kami jual serta melalui berbagai pendekatan yang sesuai.
Kami juga menggunakan logo serta nama yang identik dengan produk yang
kami jual,agar dapat dikenal oleh para muslim khususnya pada wanita – wanita
muslimah yang berhijab maka saya menggunakan logo Bros_Hijab
karena produk yang saya tawarkan terbuat dari kain flanel yang mudah dijumapai
dan mudah untuk dikreasikan sesuai dengan motif- motif yang berbeda dari
kebanyakan orang sehingga orang penasaran dan dengan adanya logo tersebut,
sehingga masyarakat mudah mengenal produk yang kami tawarkan ke pasaran.
Kami juga melakukan pengamatan
terhadap mahasiswa yang belajar sebagai calon konsumen (target pasar) sehingga
usaha ini memiliki pasar yang jelas. Setiap usaha yang baru mulai memerlukan
ketepatan-ketepatan dalam pengambilan keputusan.
I. Pengolahan
a. Alata
dan Bahan
Ø Kain bekas atau kain flanel
Ø Kertas kardus
Ø Gunting
Ø Lem biasa atau lem tembak
Ø Benang jahit dan jarum
b.
Cara Membuatnya
Untuk pemula seperti kita, sebaiknya dimulai dari yang paling sederhana
yaitu bros flanel berbentuk bunga tanpa aksen. Membuat bros flanel tidak
terlalu sulit, kita hanya perlu meyiapkan beberapa lembar kain flanel (warna
disesuaikan dengan keinginan), lem bakar, peniti, gunting, dan lilin. Langkah –
langkahnya antara lain :
1. Siapkan
perlengkapan yang diperlukan.
2. Potong
kain flanel warna cokelat secara memanjang dengan lebar kurang lebih 1cm
sebanyak 6 helai.
3. Potong
kain flanel warna merah jambu dengan lebar kurang lebih 1cm sebanyak satu
helai.
4. Gulung
dengan rapi kain flanel yang telah dipotong, tariklah secara perlahan sembari
digulung agar gulungan lebih kencang dan tahan lama.
5. Bakar
lem dengan menggunakan lilin hingga lem mencair. (bakar dengan api biru agar
warna lem tidak hitam)
6. Rekatkanlah
ujung gulungan kain flanel dengan menggunakan lem bakar.
7. Susun
ketujuh gulungan kain flanel lalu rekatkan dengan lem.
8. Rekatkanlah
peniti pada bagian belakang bros.
9. Bros
siap untuk dikenakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar