Menggunakan Fungsi Logika
Untuk
menggunakan fungsi logika di microsoft excel, terlebih dahulu kita harus
mengetahui tentang operator relasi. Operator relasi merupakan operator untuk
membandingkan dua atau lebih data dalam satu cell. Jika benar (True) maka
nilainya 1 dan jika salah (False) nilainya 0.
Adapun jenis-jenis operator relasi yaitu:
Adapun jenis-jenis operator relasi yaitu:
1. Sama Dengan ( = )
2. Lebih Besar ( > )
3. Lebih Besar atau Sama Dengan ( >=
)
4. Lebih Kecil ( < ) Lebih Kecil
atau Sama Dengan ( <= )
5. Tidak Sama Dengan ( <> )
6. AND, OR dan NOT.
Fungsi Logika IF
Penggunaan rumus pada microsoft
excel akan memudahkan anda dalam pengoperasian data sesuai dengan kebutuhan
anda. Salah satu rumus yang dapat anda pergunakan adalah if. If merupakan
suatuu kode yang digunakan untuk menyatak suatu kondisi. Biasa nya if diiringi
dengan jawaban true atau false atau juga biasa diiringi denan kalimat yang
menyatakan benar ataupun salahnya suatu kondisi yang diyatakan oleh if.
Sehingga dengan menggunakan rumus
logical test akan papat membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun
keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.
Berikut conot dalam penggunaan if didalam Mc Office Exel :
Berikut conot dalam penggunaan if didalam Mc Office Exel :
1. Langkah pertama anda dapat membuka
program Microsoft excel, baik yang sudah memiliki data atau anda dapat membuat
tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus atau tidak
lulus.
2. Setelah itu anda dapat memasukan
rumus logika, misalnya akan menerapkan suatau kondisi dimana siswa yang
mendapatkan nilai diatas 7 maka dinyatakan ‘LULUS’ sedangkan siswa yang
mendapatkan nilai dibawah 7 maka dinyatakan ‘TIDAK LULUS’, maka untuk
permasalahan seperti itu anda dapat membuat contoh logika simpel
=IF(D3>70,”LULUS”,”TIDAK LULUS”).
Belajar Mc
Office Exel
3. Sedangkan apabila anda memiliki dua
data, misalnya saja pada laporan elajar siswa, yang didalam laporan terdapat
dua nilai, yaitu nilai UTS dan nialai UAS, dan anda ingin mencari nilai rata –
rata niali tersebut dan yang memiliki niali rata – rata diatas 7 dinyatakan
lulus. Maka anda dapat menggunakan rumus seperti ini
=IF((D3+E3)/2>=69,”LULUS”,”TIDAK LULUS”.
Belajar Mc
Office Exel
Dengan memahami fungsi rumus IF maka
anda dapat memulai mengerjakan hal lain yang ternyata pas jika diterapkan
dengan rumus seperti ini sehingga membantu anda dalam pengoperasian yang lebih
cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar